“Haiku” Puisi Jepang yang Mendunia

Haiku merupakah puisi pendek dari Jepang yang memiliki pola 5-7-5 suku kata dan dilengkapi dengan kigo (kata yang berkaitan dengan 4 musim di Jepang).

Namun definisi ini sedikit berubah sejak berkembangnya haiku bergaya bebas (1990). Bentuk haiku sendiri berasal dari puisi lama yang disebut Waka (5-7-5-7-7 suku kata) dan terbentuklah haiku dengan pola 5-7-5 suku kata.

Di antara sekian banyak penyair haiku terdapat tiga tokoh legendaris yang dikenal sebagai master haiku, mereka adalah Matsuo Bashō (1644-1694), Yosa Buson (1716-1783) dan Kobayashi Issa (1763-1827). Namun secara umum dianggap bahwa Matsuo Bashō lah yang membuat haiku menjadi begitu popular dan diteruskan oleh murid-muridnya.

Namun demikian pada akhir abad ke-19 haiku sempat menghadapi ketidakpastian karena serangan peradaban Barat. Tetapi haiku dihidupkan kembali oleh Masaoka Shinki (1867-1902) dan para pengikutnya, sehingga tetap bertahan hingga saat ini.

Di Jepang haiku telah diajarkan kepada anak-anak sejak di sekolah dasar. Karena bentuknya yang pendek haiku dianggap cukup mudah untuk diajarkan kepada anak-anak, namun sebenarnya untuk memahami makna sebenarnya dari sebuah haiku diperlukan pemahaman yang baik, oleh sebab itu memahami haiku juga dapat digunakan untuk melatih kecerdasan.

Tidak hanya itu, haiku merupakan karya sastra yang sangat dekat dengan alam. Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa secara tidak langsung haiku telah memberikan konstribusi untuk memelihara kepedulian masyarakat terhadap alam.

Berikut ini adalah salah satu Haiku terkenal dari Matsuo Bashō:

Furu ike ya/ kawazu tobikomu/ mizu no oto

Terjemahan bebas: Kolam tua/ katak melompat/ suara air

Secara sederhana haiku ini kerap ditafsirkan menjadi “Aku mendengar suara air saat katak melompat ke dalam kolam tua”. Kigo dari haiku di atas adalah katak yang melambangkan musim semi.

Haiku merupakan karya sastra yang sangat menarik untuk dipelajari. Meskipun agak sulit dipahami namun dari haiku kita dapat banyak belajar kanji dan kosa kata baru yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, bagi kalian yang ingin menguasai kanji dan kosa kata bahasa Jepang dengan lebih baik, mari bergabung dengan Pongo di https://pocketnihongo.id/exn5 sekarang. Di sini bembelajaran kanji dibuat dengan menarik dan mudah dipahami. Jadi jangan ragu, ayo segera bergabung.

5 thoughts on ““Haiku” Puisi Jepang yang Mendunia”

Leave a Reply

Your email address will not be published.